Kraton Yogya Gelar Pameran Temporer Tentang HB II

YOGYA, KRJOGJA.com – Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai divisi yang bertanggung jawab atas museum dan arsip di kraton menyelenggarakan pameran temporer Adhyatmaka bertajuk ‘Sang Adiwira: Sri Sultan Hamengku Buwono II’. Pameran digelar di kompleks plataran kedhaton Kraton Yogyakarta dibuka Kamis, 29 Oktober 2020 dan akan berakhir pada Minggu, 31 Januari 2021.

“Meski telah lebih dari 20 dasawarsa, bentuk legitimasi Sultan kedua masih dapat disaksikan seperti bangunan benteng baluwarti, pesanggrahan Rejawinangun, Cendanasari, dan Gua Siluman, serta manuskrip pusaka yang hingga kini masih tersimpan di dalam Kraton Yogyakarta. Maka, kisah Sang Perwira inilah yang kemudian kami angkat menjadi tema dalam pameran temporer Adhyatmaka tahun ini,” jelas GKR Bendara, Penghageng KHP Nityabudaya, di sela acara pembukaan pameran, Kamis (29/10/2020).

Dalam kesempatan kali ini, Kraton Yogyakarta sekaligus meluncurkan nama Adhyatmaka sebagai sebutan untuk pameran temporer keraton setiap tahunnya. Adhyatmaka sendiri memiliki arti ilmu pengetahuan, sehingga diharapkan koleksi yang dipamerkan dalam pameran kraton dapat memberikan ilmu dan pengetahuan baru ke masyarakat. Meski pandemi membuat rangkaian Hajad Dalem Sekaten (miyos dan kondur gangsa) tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, Kraton Yogyakarta tetap mencoba memfasilitasi edukasi budaya dengan konsep berbeda yaitu melalui pameran Sang Adiwira Sri Sultan Hamengku Buwono II.

BERITA REKOMENDASI