KRL Yogya-Solo Beroperasi Normal di PPKM Level 3, Ini Aturannya

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – KAI Commuter tetap mengoperasikan secara normal KRL Yogya-Solo di masa PPKM Level 3 kawasan DIY saat ini. Beberapa aturan dan protokol kesehatan pun wajib dijalankan para pengguna sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 97 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan para pengguna KRL wajib menggunakan masker ganda dengan masker medis dilapis masker kain di luar. Atau, menurut dia, para pengguna juga dapat menggunakan masker dengan filtrasi di atas 93 persen antara lain N95, KN95 dan KF94.

“KAI Commuter mengajak para pengguna mempersiapkan masker sesuai ketentuan sebelum masuk stasiun agar tidak dicegah untuk masuk. Selain itu pengguna juga tetap diminta menyiapkan sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi ataupun secara fisik untuk diperlihatkan kepada petugas sebagai syarat naik KRL,” ungkapnya melalui rilis tertulis, Kamis (10/2/2022).

KAI Commuter menurut Anne juga menghimbau pengguna untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui sambungan telepon selama berada di dalam KRL sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19 melalui droplet (atau cairan mulut yang keluar) pada saat berbicara. Selain itu, KAI Commuter juga menghimbau anak usia di bawah lima tahun (Balita) menggunakan KRL hanya dalam keperluan yang sangat mendesak dan sementara anak usia 5-12 tahun dalam menggunakan KRL harus didampingi orang tuanya.

“Beberapa aturan tambahan lainnya yang diterapkan KAI Commuter sejak pandemi Covid-19 yaitu pengguna dengan barang bawaan berukuran besar dan tidak melebihi ukuran yang sudah diatur dan diizinkan untuk dibawa kedalam KRL, dapat menggunakan KRL pada jadwal-jadwal kereta pertama dan di luar jam-jam sibuk. Sedangkan bagi lansia diarahkan untuk naik KRL pada jam 10.00 – 14.00 WIB. Jam operasional KRL Yogyakarta-Solo pada masa PPKM Level 3 ini tetap pada pukul 05:00 – 18.30 WIB dengan 20 perjalanan KRL setiap hari,” sambung Anne.

BERITA REKOMENDASI