1.000 Pengunjung Bakal Padati Waduk Sermo Malam Nanti

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Malam pergantian tahun, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulonprogo bekerjasama dengan pihak ketiga menggelar event di Waduk Sermo Desa Hargowilis Kecamatan Kokap, Sabtu (31/12/2016) malam. Sedangkan Pengurus Rintisan Desa Budaya Tayuban juga menyelenggarakan acara sejak Jumat (30/12/2016) dan Sabtu (31/12/2026).

"Untuk sementara event dipusatkan di Waduk Sermo. Bagi kami ini pertama kali mengadakan pemusatan di Waduk Sermo, dan direncanakan bergiliran untuk menjadi pusat pergantian tahun. Meski begitu di beberapa objek wisata lainnya tetap buka. Diprediksi pergantian tahun di Waduk Sermo dikunjungi sekitar 1.000 orang,” kata Kabid Pemasaran Pariwisata pada Disparpora Kulonprogo Dra Hudi Priyanti MM, Kamis (29/12/2016).

Acara dipandu Kabag TI dan Humas Setda Kulonprogo Drs Ariadi MM dan didampingi pihak ketiga. Menurut Hudi, pemusatan di Waduk Sermo selain untuk memecah kepadatan massa, juga melaksanakan program Bedah Menoreh. ”Berbagai acara nantinya ditampilkan, seperti fashion show menyambut Tahun Baru 2017 akan menampilkan Penjabat Bupati dan beberapa pejabat Forkompimda dengan karya batik dari Umbuk Haryanto perajin batik dari Lendah. Acara lainnya kesenian khas tradisional seperti musik Krumpyung pimpinan R Sujarwamto dan lainnya,” ujar Hudi.

Sementara Panitia Tayuban Culture & Art Fest juga mengadakan berbagai acara. Menurut Ketua Panitia Danang, acara dimulai dari Jumat (30/12) melakukan ziarah budaya di Makam Ki Dalang Hadi Sugito dan Ki Sutono mulai pukul 16.00 serta 18.00 doa bersama dan pengajian di Masjid Al Muhajirin oleh Kiai Hasan Fuad. Dilanjutkan sarasehan kebudayaan di Balai Desa Tayuban.

"Sabtu (31/12/2026) festival lomba dolanan anak Tayuban di Lapangan Tayuban mulai pukul 09.00, kirab Budaya Bergada dan Jathilan Gedruk pukul 15.30 dari perempatan Nagung ke Lapangan Tayuban, pentas Hadroh dan Kenthongan pukul 19.30 di Lapangan Tayuban.  Selain itu kolaborasi sendratari, wayang kulit dan kethoprak pukul 21.00 dan pesta kembang api pukul 24.00 di Lapangan Tayuban,” kata Ketua Panitia Danang. (Wid)

BERITA REKOMENDASI