127 Calon PPK Jalani Seleksi Wawancara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Jajaran KPU Kota Yogyakarta mulai melakukan tes wawancara terhadap calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Meski ajang fit and proper test badan adhoc tersebut masih akan berlangsung hingga Rabu (13/07/2016), namun KPU optimis Pilwali 2017 akan semakin kredibel.

"Banyak wajah-wajah baru yang menjadi peserta. Hasil sementara ini, kapabilitas mereka tinggi sehingga kami pun optimis terhadap kualitas Pilwali kelak," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budianto kepada KRjogja.com, Selasa (12/07/2016).

Seleksi wawancara memiliki nilai yang sangat penting untuk menentukan apakah peserta memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilihan kepala daerah di wilayah. Karena PPK juga memiliki peran strategis sebagai kepanjangan tangan KPU di tiap kecamatan.

Terdapat 127 peserta yang mengikuti seleksi wawancara calon PPK tersebut. Nantinya KPU hanya akan memilih 70 orang atau masing-masing lima orang di tiap kecamatan. Terkait dengan penetapan calon PPK terpilih, rencananya akan dilakukan pekan ini juga.

Setelah seleksi wawancara, seluruh jajaran komisioner KPU Kota Yogya akan melakukan sidang pleno secara tertutup guna menentukan lima peserta terbaik. "Pelantikan PPK rencananya dilakukan pada 20 Juli 2016. Kami masih rancang konsep dan lokasi pelantikannya," imbuhnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI