17 Tahun Tagana, Tanam Bibit Mangrove di Muara Sungai Progo

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Penetapan wilayah Kapanewon Galur, Panjatan, Wates dan Temon sebagai Kawasan Siaga Bencana (KwSB) oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dinilsai sejalan dengan kawasan strategis Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

“Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan wujud nyata peran aktif Taruna Siaga Bencana (Tagana). Salah satu peran Tagana adalah menumbuhkan upaya mitigasi penanggulangan bencana di kalangan masyarakat. Sejak berdiri 17 tahun silam Tagana lahir dari relawan yang berasal dari masyarakat,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulonprogo Drs Yohannes Irianta MSi Yohanes disela Apel Peringatan HUT ke-17 Tagana tingkat DIY di Aula Kalurahan Banaran, Galur, Sabtu (20/2/2021).

Sebagai salah satu aspek penanganan akibat bencana, Tagana telah kongkrit melakukan tindakan nyata bersama Kawasan Siaga Bencana Galur, pihak pemerintahan kalurahan setempat, pemerhati lingkungan dan masyarakat untuk selalu mengantisipasi penggerusan tanah yg cenderung mengarah sisi barat dan abrasi muara sungai Progo dengan penanaman bibit pohon mangrove. “Kami berharap nanti kawasan ini menjadi destinasi wisata baru,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI