25 Napi Terima Remisi, Tiga Langsung Bebas

Editor: KRjogja/Gus

WATES, KRJOGJA.com – Dua puluh lima narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates mendapatkan Remisi Umum Tahun 2019. Penyerahan surat remisi dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Drs H Sutedjo dalam Upacara Hari Kemerdekaan RI di halaman Rutan setempat, Sabtu (17/08/2019). Dari 25 napi tersebut, tiga diantaranya langsung bebas. Selain itu diserahkan pula Satyalancana Karya Satya 10 tahun kepada Pawit Aji Prihatmoko dan Walidah 30 tahun.

Supriyatno Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Wates menjelaskan, ke-25 napi mendapatkan remisi sebesar 1 hingga 5 bulan, sedangkan tiga napi yang bebas memperoleh 1 hingga 2 bulan. Kasus dari napi yang mendapatkan remisi bervariasi, ada pencurian, penipuan, penggelapan, dan perlindungan anak. "Syarat mendapat remisi adalah napi tersebut dipidana lebih dari 6 bulan dan sudah berkelakuan baik selama 6 bulan tersebut. Di dalam rutan mereka (para napi) dibekali dengan berbagai ketrampilan diantaranya membuat sabut, kusen pintu atau jendela, serta mebeler ," ujarnya.

Wabup Sutedjo berharap ketika bebas ke luar dari permasyarakatan ini bisa kembali menjadi warga masyarakat sebagaimana  yang lain. "Bisa menjaga perilakunya, mentalitasnya, dan keimanan/ketakwaan agama masing-masing dan betul-betul bisa merubah sikap perilaku maupun sikap mentalnya," tandasnya. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI