275 Nakes Tak Penuhi Syarat Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kabupaten Kulonprogo dalam pekan ini harus sudah selesai vaksinasi dosis pertama untuk tenaga kesehatan (nakes). Hingga Kamis (11/02/2021) sudah tervaksin sebanyak 2.580 tenaga kesehatan dari 3.244 nakes yang mendaftar ulang.

Dari yang mendaftar ulang sebanyak 104,2 persen dari sasaran awal 3.113. Ini sudah 83 persen dari sasaran awal. Ada 389 yang masih ditunda dan 275 yang tidak memenuhi syarat.

“Target pekan ini termasuk di dalamnya tenaga kesehatan yang lansia masih aktif praktek di Kulonprogo sudah diikutkan untuk vaksinasi. Sabtu kami masih membuka layanan bagi yang masih tercecer,” ungkap drg Baning Rahayujati MKes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, Sabtu (13/02/2021).

Untuk tahap kedua, sesuai arahan Kementerian Kesehatan akan meluaskan sasaran kepada pelayanan publik. Rabu (10/02/2021) siang, Dinkes sudah berkoordinasi dengan pimpinan OPD dan Lembaga untuk melakukan pendataan awal sasaran.

“Kami mengambil kebijakan berbasis kepada OPD atau institusi. Semua tenaga yang ada di kantor tersebut. Harapannya, Sabtu (13/02/2021) ini data sudah masuk dan selanjutnya dikirimkan ke pusat untuk mendapatkan jatah vaksin. Direncanakan vaksinasi untuk pelayanan publik dolaksanakan bulan Maret dan April,” paparnya.

Tahap dua, tambah Baning, pihaknya belum bisa menghitung jumlahnya, karena masih menunggu data dari masing-masing OPD. Sasaran untuk pelayanan publik lebih luas sampai perangkat kalurahan, satgas gugus tugas kalurahan, TNI/Polri, BUMN/BUMD, pedagang pasar, maupun pelaku pariwisata.

“Sehingga sasarannya banyak, diperkirakan puluhan ribu. Maka akan diatur, sehingga dalam dua bulan terselesaikan. Untuk tempatnya sama, karena hingga saat ini belum menambah tempat layanan. Masih ada di 24 lokasi yaitu 21 Puskesmas, 2 RSUD dan 1 Klinik Bhayangkara,” ujarnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI