36 Panwascam Kulonprogo Dilantik

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO (KRjogja.com) – Tiga puluh enam anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kulonprogo dilantik Ketua Panwas Kabupaten Kulonprogo Tamyus Rochman SHI dengan disaksikan Wabup Drs H Sutedjo, di aula Adikarto Gedung Kaca Wates, Rabu (27/7/2016).

 

Ditandaskan Tamyus baik buruknya pemilihan kepala daerah (Pilkada) tergantung pada panitia pengawas (Panwas) dalam menjalankan fungsi pengawasan. Karena itu diharapkan semua Panwascam bisa menjaga amanah. "Sikap dan tindakan selaku pengawas pemilihan diikat dalam suatu tatanan etika yang sangat ketat dan tantangan yang dijadapi cukup besar," katanya.

Tamyus menyatakan, Panwascam memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan kesuksesan pilkada tahun 2017. "Karena itu harus bisa saling bersinergi untuk saling membahu dalam tugas. Panwascam juga memiliki peran yang sangat strategis untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat di lingkungannya. Anggota Panwascam yang terpilih agar menjaga integritas, netralitas dan independensi dalam mewujudkan Pilkada Kulonprogo yang bersih," tegasnya.

Dijelaskan, pembentukan Panwascam dimulai 15 Juni sampai dengan pengumuman Panwascam terpilih 22 Juli. Pendaftar berjumlah 122 orang, tes tertulis dilaksanakan 2 Juli dan terpilih 6 orang per kecamatan untuk tes wawancara. Terpilih 36 orang untuk 12 kecamatan, atau masing-masing 3 orang per kecamatan. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI