45.734 Kendaraan Mulai Masuki Kulonprogo

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebanyak 45.734 kendaraan arus mudik Lebaran melintas di jalan jalur selatan Kulonprogo. Jumlah ini meningkat dibandingkan H-3 Idul Fitri tahun 2016 yang hanya 43.069 kendaraan. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi Jumat (23/06/2017) malam dan Sabtu (24/06/2017).

”Sabtu diperkirakan puncak arus mudik dengan kendaraan melewati Kulonprogo. Kendaraan pemudik lebih banyak dibandingkan sehari sebelumnya. Sebagian pemudik baru berangkat dari Jakarta pada Jumat,” jelas Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo, Arif Martono di Posko Monitoring Angkutan Lebaran.

Menurutnya, dalam waktu tujuh jam kendaraan yang melewati jalur selatan Kulonprogo pada H-3 mencapai 14.201 kendaraan, meliputi bus, mobil pribadi dan motor. Pemudik yang melintas Kulonprogo pada H-2 diperkirakan melebihi puncak mudik Lebaran 2016 sebanyak 45.847 kendaraan.

Meskipun terjadi kepadatan di jalur selatan Kulonprogo, kendaraan dapat melaju dengan lancar. Jalur alternatif Jalan Jalur Lintas Selatan Selatan (JJLSS) masih sepi. Sempat terjadi kemacetan justru di Jalan Veteran Wates, jalur bus masuk Terminal Wates.

Bertepatan hari pasaran Wage di sebelah barat Terminal Wates terjadi pasar tumpah. Trotoar dan sebagian jalan menjadi tempat berjualan dan tempat parkir. Masyarakat yang berbelanja meluber sampai ke jalan sehingga menghambat perjalanan bus, mobil pribadi maupun motor. (Ras)

BERITA REKOMENDASI