595 Dukungan DPD Diverifikasi Faktual KPU

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo melakukan verifikasi faktual  Verifikasi faktual terhadap sebanyak 595 sampel dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk pemilu 2019.

Verifikasi faktual dilaksanakan dengan mendatangi (menemui langsung) nama yang tercantum dalam sampel mulai Jumat (01/06/2018) dan direncanakan berlangsung sampai Minggu (03/06/2018).

Dijelaskan Marwanto MSi Plh Ketua KPU Kulonprogo, pihaknya menurunkan 10 tim untuk melaksanakan kegiatan verifikasi faktual tersebut. "Dalam verifikasi kali ini juga didampingi oleh panwas kecamatan," terang Marwanto, Jumat (01/06/2018).

Verifikasi, lanjut Marwanto, dilaksanakan dengan mengunjungi rumah (menemui langsung) nama pendukung yang ada di sampel. Dan jika dalam kunjungan tersebut tidak ditemui, KPU akan mencatat nama pendukung tersebut untuk nanti minta kepada bakal calon menghadirkan pendukung yang tidak bisa ditemui tersebut.

"Dari 13 bakal calon anggota DPD yang telah dinyatakan lolos penelitian administrasi oleh KPU DIY, sebanyak 12 bakal calon yang sampelnya ada di Kulonprogo. Sampel tsb  tersebar di 12 kecamatan," tambah Marwanto.(Wid)

BERITA REKOMENDASI