Agen BPD DIY, Manfaatnya Bisa Dinikmati Masyarakat

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat PT Bank BPD DIY melaunching terobosan transaksi nontunai lagi berupa Agen BPD DIY. Sehingga manfaatnya bisa dinikmati masyarakat.

“Agen BPD DIY merupakan wujud kepedulian dari PT Bank BPD DIY kepada para nasabah yang ada di Kulonprogo, dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” ungkap Direktur Utama (Dirut) PT Bank BPD DIY Drs Santoso Rohmad MM pada “Launching Agen BPD DIY Sinergitas Digitalisasi untuk Pemberdayaan Berbasis Komunitas”, di BUMDes Binangun Mujur Srikayangan Sentolo, Senin (01/11/2021). Hadir Bupati, OJK DIY, BI, Dirut beserta jajaran Bank BPD DIY, serta lainnya.

Launching tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo bersama Dirut PT Bank BPD DIY Santoso Rohmad beserta jajarannya. Dalam kesempatan itu diserahkan secara simbolis CSR Mobil Layanan Pajak dan Anjungan Dukcapil Mandiri, pencairan Kredit KUR dan PEDE. Selain itu peninjauan ruang Kantor Agen BPD DIY BUMDes Srikayangan dan Rumah Produksi Superbram milik KWT Putri Manunggal.

“Setelah sebelumnya kita punya Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) saat ini kita kembangkan lagi dengan Agen BPD DIY, sehingga terjadi peningkatan fungsi dan manfaatnya bisa dinikmati masyarakat di daerah Srikayangan ini,” ucap Santoso.

Menurut Santoso, Agen BPD DIY merupakan mitra Bank BPD DIY (Perorangan atau Badan Hukum) yang menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat. “Sekarang buka rekening, setor tabungan dan tarik tunai semakin mudah dengan hadirnya Agen BPD DIY. Di sini masyarakat bisa juga bayar PBB, bayar PDAM, bayar Retribusi dan transfer rekening,” urainya.

Sementara itu, Pemimpin Cabang Bank BPD DIY Cabang Wates Suroso menambahkan program tersebut
dilatarbelakangi masih banyak masyarakat yang belum menerima layanan perbankan, serta sebagai upaya meningkatkan layanan transaksi nontunai kepada nasabah, mengingat kebutuhan transaksi nontunai yang terus meningkat.

“Seperti yang kita tahu perkembangan bisnis dan teknologi yang pesat menuntut sebuah inovasi, dan dengan tema Sinergi Digitalisasi Untuk Pemberdayaan Berbasis Komunitas, kita buka layanan tanpa kantor dengan kerja sama dengan pihak lain yang bersifat keagenan,” kata Suroso sambil menambahkan sampai dengan 1 November 2021 di wilayah Kulonprogo sudah memiliki 52 agen, dari jumlah itu 27 agen diantaranya bekerja sama dengan BUMDes.

Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Bank BPD DIY, atas segala bantuan dan kerjasama yang baik selama ini, baik dengan pemkab, maupun dengan seluruh warga masyarakat Kulonprogo.

“Dengan adanya agen Bank BPD DIY yang berada di setiap pelosok kalurahan ini, ekonomi masyarakat akan cepat tumbuh berkembang, baik ekonomi kecil maupun nonformal, yang dilakukan oleh komunitas atau kelompok usaha tani dan lain-lain,” ujar Sutedjo. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI