Air Waduk Sermo Menyusut

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Air Waduk Sermo diperkirakan masih mencukupi untuk air minum dan mensuplisi pengairan pertanian sepanjang musim kemarau di sebagian wilayah Kulonprogo. Perkiraan persediaan air waduk hingga Juni 2019 sekitar 11 juta liter kubik.

Koordinator Lapangan Pengelola Waduk Sermo, Novika Prabowo mengungkapkan pada posisi air dialirkan untuk pengairan 800 liter per detik, elevasi atau ketinggian permukaan air waduk pada 131,13 meter di atas permukaan air laut (dpl). Menurutnya, persediaan air waduk diperkirakan masih mencukupi di musim kemarau tahun ini. Sesuai permintaan petani, air dialirkan untuk pengairan tanam padi pada musim tanam (MT) kedua di daerah irigasi Pengasih Barat.

"Dengan elevasi 131,13 meter dpl, volume air waduk masih sekitar 11 juta liter kubik. Air masih dialirkan 800 liter per detik. Untuk persediaan musim kemarau diperkirakan masih mencukupi," kata Novika Prabowo.

Pengaliran air waduk untuk pertanian, tiap 15 hari akan dilakukan evaluasi. Menjelang panen padi MT kedua, kapasitas aliran diperkecil menjadi 300 – 500 liter perdetik. Pintu air akan ditutup total sekitar Agustus untuk persediaan tanam padi MT pertama. "Pada penutupan pintu air diperkirakan elevasi air waduk masih pada posisi di atas normal," jelasnya.

Memasuki musim kemarau di 2019, permukaan air waduk terus mengalami penurunan. Pada musim penghujan, permukaan perairan air waduk bisa mencapai elevasi 136,60 meter dpl. Penyusutan terjadi semenjak air dialirkan dan tidak turun hujan di hulu sungai dan sekitar waduk. Ada penurunan permukaan air waduk sekitar 5 meter. (Ras)

BERITA REKOMENDASI