Akibat Covid, Puskesmas Pengasih 2 Ditutup Sementara Waktu

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Puskesmas Pengasih 2 untuk sementara waktu ditutup, karena 23 karyawannya terkonfirmasi positif Covid-19. Penutupan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) itu mulai Senin (28/06/2021) hingga buka kembali Selasa (6/07/2021) mendatang. Penutupan tersebut dilakukan lantaran adanya klaster penularan yang menyasar para karyawan puskesmas.

Dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo drg Baning Rahayujati MKes, hingga Minggu (27/06/2021), dari keseluruhan karyawan yang berjumlah 50 orang, sudah ada 23 terkonfirmasi positif. Sebanyak 7 orang dinyatakan negatif dan 20 sisanya tengah menunggu tes swab. “Senin ini dilanjutkan tes swab terhadap 20 orang yang merupakan ring kedua untuk melihat cakupan penularannya,” ucap Baning, Senin (28/06/2021).

Penyebab terjadinya penularan di puskesmas tersebut, dijelaskan Baning, berawal dari keluarga salah satu karyawan yang positif, namun karyawan tersebut tidak menyadari kontak erat dan ada yang sudah menggejala tapi tidak diperhatikan sehingga tetap masuk kerja seperti biasa. Akibatnya menularkan virus kepada karyawan lainnya.

“Kelemahan teman-teman di puskesmas saat pelayanan memang dengan prokes, tetapi usai pelayanan dan menggunakan waktu istirahat masker dilepas dan aturan jaga jarak diabaikan termasuk untuk makan bersama, sehingga banyak yang tertular. Kepala Dinkes juga sudah menerbitkan instruksi kepada semua puskesmas agar tetap ingat terhadap prokes, entah saat atapun setelah pelayanan,” ujar Baning.

BERITA REKOMENDASI