Alhamdulillah.. Kades/Perdes di Kulonprogo Dapat THR

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Di Kabupaten Kulonprogo, Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa (Perdes) sesuai Peraturan Bupati (Perbup) No 79 Tahun 2017 tentang Penghasilan, Tunjangan dan Penghargaan Purna Tugas Kepala Desa serta Tunjangan dan Penghargaan Purna Tugas Anggota BPD, mengatur adanya Tunjangan Hari Raya (THR) .

Dikatakan Muhadi SH MHum Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa  pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Peraturan Bupati terkait THR bagi Kades dan Perangkat Desa ini merupakan Perbup yang pertama di DIY dan mungkin juga Jawa Tengah (Jateng). Pemberian tersebut terhitung mulai tahun ini, karena Perbup baru ditetapkan dan diundangkan pada 27 Desember 2017.

"Masing-masing desa berbeda-beda/variatif tergantung potensi pendapatan asli desa (PADes). Besaran THR paling tinggi sama dengan penghasilan tetap yang diterima setiap bulan. THR ini bagi Kades dan Perangkat Desa, sedangkan untuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pengkajian lebih lanjut," ujar Muhadi, Rabu (30/05/2018).

Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) menyatakan, THR asal dilakukan dengan APBDes dan diputuskan BPD, pemkab memberikan kesempatan. "Ketentuan 30 persen dari penghasilan tetap (siltap) harus dipegang teguh," katanya.

Kades Bumirejo Edi Winarno SE sangat setuju adanya THR tersebut. "Tahun ini kami sudah menganggarkannya," kata Edi.

Sementara Kades Kaliagung Suwito menyatakan, kades dan perangklt desa sangat mengharapkan THR seperti PNS, karena sama-sama abdi negara ditambah abdi masyarakat. "Tugas kita lebih berat dari PNS, bahkan jam kerja kita 24 jam," kata Suwito sembari menambahkan pihaknya belum menganggarkan THR.(Wid)

 

BERITA REKOMENDASI