Alumni IPS Wajib Berkontribusi pada Pembangunan Bangsa

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Rektor IKIP PGRI Wates (IPW), Drs Wagiman MPd meminta alumni untuk menunjukkan dan membuktikan sebagai orang-orang cerdas, mampu bersaing dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa Indonesia. Alumni juga wajib mengedepankan karakter yang memiliki kemampuan dan selalu memberikan yang terbaik.

Rektor IPW mengatakan hal tersebut pada wisuda tahun ajaran 2020/2021 yang berlangsung secara blended (Luring dan Daring) dari Aula IPW, Sabtu (27/11/2021). Prosesi wisuda diikuti wisudawan melalui Zoom Cloud Meeting dan bisa diikuti masyarakat luas melalui Chanel Youtube IKIP PGRI Wates.

Wisudawan berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) untuk program studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) 45 orang sarjana, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 17 orang sarjana. Sedang dari Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) yaitu Prodi Pendidikan Sejarah 25 orang sarjana.

Wisudawan/wisudawati yang meraih prestasi studinya sebagai 3 peringkat terbaik yaitu Program Studi Pendidikan Sejarah: Yosima Halawa SPd IPK 3,82, Niat Mawati Baeha SPd 3,79, Ian Martha Suri Nazara SPd 3,77. Program Studi Bimbingan dan Konseling: Hesti Nur Afriyanti SPd 3,94, Weni Ardiyanti SPd l3,89, Isna Ristanti SPd 3,88. Program Studi Pendidikan Guru SD: Wahyu Nurhidayah SPd 3,70, Agustina Zuliyanti SPd 3,94, Evita Ayu Astrya SPd 3,88.

“Di era revolusi industri 4.0 ini ilmu pengetahuan selalu berkembang dengan cepat. Sumber belajar tidak hanya didapatkan dari kampus, dosen-dosen, buku-buku perpustakaan. Tetapi sumber belajar bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja baik berupa e-book, e-jurnal, e-library, podcast, youtube, dan lain-lain yang berbau internet,” kata Wagiman.

Setelah wisuda, kata Wagiman, ada tiga pilihan yaitu mencari kerja dan bekerja untuk pengamalan ilmu, menciptakan lapangan kerja. Bagi yang sudah bekerja, bisa meningkatkan kinerja atau melanjutkan studi yang lebih tinggi.

Sementara Wakil Rektor I, Dr (cand) Faridl Musyadad MPd mengharapkan alumni IPW harus tetap eksis bernegara menjadi agent of change dari kalangan intelektual, menjaga dan mengawal, agar NKRI tetap ideal. “Kami titipkan nama baik IKIP PGRI Wates pada saudara. Bangunlah public image bahwa IKIP PGRI Wates adalah lembaga pendidikan yang dapat dipercaya dalam mencetak kader bangsa yang berkualitas dan berakhlak mulia,” kata Faridl Musyadad. (Wid)

BERITA REKOMENDASI