Anggota DPRD DIY : Menelan 3 Nyawa, Underpass Kulur Didesain Ulang

KULONPROGO, KRJogja.com – Anggota Fraksi PDI Perjuangan yang duduk di Komisi C DPRD DIY, Novida Kartika Hadi (NKH) menegaskan, proyek underpass Kulur, di Kapanewon Temon, Kulonprogo akan didesain ulang. Redesign diperlukan karena selama ini jalan di bawah rel kereta api tersebut tidak bisa dimanfaatkan karena selalu tergenang air.

“Kami sudah minta dibuatkan Detail Enginering Design (DED) ulang, agar underpass Kulur bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata NKH saat reses di Panti Marhaen DPC PDI Perjuangan Kulonprogo.Reses Dewan dilaksanakan di Kapanewon Wates, Temon dan Samigaluh, dengan menerapkan protokol lesehatan.

“Desain ulang penting, apalagi berdasarkan catatan kami, sudah ada tiga korban jiwa tenggelam di underpass Kulur,” tegasnya.

Dalam upaya desain ulang dimaksud, dirinya melakukan pengawalan program DED ulang underpass Kulur. Jika tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada tahun ini dengan anggaran sekitar Rp 600 juta. Nanti akan dibuat sistem pembuangan air, agar tidak muncul genangan terutama saat musim penghujan.

“Underpass Kulur berda di cekungan, jadi nanti dibuat sudetan atau seperti apa untuk membuang air agar underpass-nya kering dan bisa dilalui,” ujarnya menambahkan sudah setahun lalu dirinya memperjuangkan agar ada kajian ulang terhadap proyek tersebut.

“Sejak dibangun, proyek ini mangkrak dan tidak bisa dimanfaatkan. Bahkan saat musim penghujan ketinggian air cukup tinggi mencapai dua meter lebih. Setidaknya sudah ada tiga korban jiwa tenggelam karena bermain air di tempat ini,” tutur Novida menegaskan karena sudah menelan korban jiwa maka harus diprioritaskan penggarapannya.(Rul)

BERITA REKOMENDASI