Animo Tinggi, Baznas – Disdagin Fasilitasi SP PIRT

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Animo pendaftar dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) tinggi untuk mengikuti kegiatan fasilitasi Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP PIRT) yang diadakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kulonprogo bekerjasama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) setempat.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari 15 dan 16 September di Joglo TP Resto Angkringan Karangsari, dibuka Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid bersama Kepala Disdagin Iffah Mufidati SH MM, Rabu (15/09/2021). Narasumber kegiatan dari Disdagin dan Dinas Kesehatan, diantaranya terkait keamanan pangan, kebijakan pembinaan industri agro makanan dan minuman, serta legalitas usaha.

Kepala Disdagin Kulonprogo Iffah Mufidati menyatakan, pendaftar kegiatan ini ada 60 IKM, dan diseleksi sesuai kuotanya yang lolos 20. “Untuk kelanjutan dari kegiatan ini nanti akan disurvei proses produksinya oleh Dinas Kesehatan dalam rangkaian penerbitan SP PIRT. Kami juga memantau progres dan kendalanya. Berharap IKM bisa memanfaatkan sertifikat dengan baik. Sebab dengan sertifikat tersebut bisa berdaya saing, produk sudah terjamin dari higinitas dan lainnya, sehingga menaikkan image terhadap produk,” ungkap Iffah.

Sementara itu, Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid menuturkan, bahwa kegiatan fasilitasi SP PIRT bagi pelaku IKM ini merupakan program Baznas dalam “Kulonprogo Makmur”. Memberdayakan ekonomi masyarakat diantaranya dengan memberikan fasilitasi SP PIRT bagi IKM. Saat ini produk pangan dari peserta sudah ada, hanya agar bisa go public maka perlu adanya SP PIRT.

“Diharapkan dengan adanya SP PIRT, IKM bisa lebih maju sehingga ekonominya meningkat. Sementara melihat animo pendaftaran yang tinggi, Baznas bersama Disdagin merencanakan akan mengadakan kegiatan yang sama untuk angkatan kedua. Sehingga diharapkan produk lokal bisa menjadi lebih berkembang pesat,” pungkas Abdul Madjid. (Wid)

BERITA REKOMENDASI