Antonov Mendarat Mulus, YIA Siap Didarati Pesawat Jumbo

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) mengukir sejarah baru. Pesawat kargo jenis Antonov AN124-100 buatan Rusia, Rabu (10/3) pukul 10.00 WIB tepat, mendarat mulus di runway sepanjang 3.250 x 45 meter persegi tersebut.

Pejabat Tugas Sementara (PTS) General Manager (GM) YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, pendaratan pesawat berukuran besar di YIA merupakan kali pertama. Pesawat Antonov merupakan salah satu pesawat berkapasitas muatan cukup besar mencapai 150 ton. Sehingga menyandang predikat pesawat terbesar kedua di dunia. Bisa mengangkut lokomotif, kapal pesiar, helikopter bahkan pesawat tempur.

“Pendaratan pesawat Antonov di YIA untuk mengangkut barang kargo dari Indonesia dieksport ke LCK Columbus, Amerika Serikat. Ini penerbangan ekspor kargo perdana yang menggunakan pesawat Antonov. Pesawat ini mengangkut 62 ton kargo dengan komoditas Wire Harness (kabel) ke Columbus Amerika Serikat,” jelas Agus Pandu Purnama.

Dari sisi kesiapan bandara ungkap Pandu, YIA memiliki ‘Pavement Classification Number

/ PCN atau perkerasan runway, taxiway dan apron yang lebih besar dari yang diperlukan untuk kebutuhan pendaratan dan penerbangan pesawat Antonov AN124-100.

Bagi manajemen PT Angkasa Pura (AP) I sebagai pengelola YIA, pendaratan Antonov merupakan momentum penting. Dengan pendaratan perdana pesawat berukuran besar tersebut maka YIA diklaim siap didarati pesawat berukuran besar lainnya. “Prinsipnya secara operasional bandara ini mampu didarati pesawat sebesar Antonov dan pesawat-pesawat besar lainnya,” tegas Pandu.

BERITA REKOMENDASI