Aqua Dwipayana Minta Prajurit Kodim Kulonprogo Cerdas Tangani Covid-19

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Prajurit Kodim 0731 Kulonprogo dituntut mampu bekerja cerdas dalam mengembangkan strategi komunikasi dalam suasana pandemi Covid-19 seperti saat ini. Apalagi petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan garda depan dalam mensosialisasikan program vaksinasi yang saat ini sedang digencarkan pemerintah sebagai upaya menekan penyebaran Virus Corona.

“Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi Covid-19, tapi masih ada sebagian meragukan bahkan menolak divaksin. Kondisi tersebut menjadi tugas Babinsa melalukan pembinaan dan sosialisasi ke masyarakat,” kata Konsultan Komunikasi dan Motivator Dr Aqua Dwipayana dalam sharing komunikasi dan motivasi kepada prajurit Kodim 0731 Kulonprogo di makodim setempat, Senin (18/01/2021).

Sebelum mensosialisasikan tentu jajaran anggota Kodim 0731 Kulonprogo terlebih dahulu memberi contoh dalam kepatuhan protokol kesehatan (prokes). Pelaksanaannya harus dimulai dari diri sendiri, keluarga kemudian lingkungan sehingga masyarakat mempercayai ajakan dan anjuran sosialisasi.

“Jangan malah dibalik masyarakat dikejar-kejar patuh protokol kesehatan tapi petugas malah tidak memberi contoh yang baik. Upaya menekan penyebaran Covid-19 kuncinya adalah komunikasi dengan masyarakat,” tegasnya.

Dandim 0731 Kulonprogo, Letkol Inf Yefta Sangkakala menjelaskan sharing komunikasi dan motivasi bagi anggotanya diharapkan bisa membangkitkan semangat baru dalam menjalani kehidupan pribadi maupun kedinasan di lingkungan rumah tangga, kantor maupun lingkungan masyarakat. Dandim mengajak seluruh anggotanya dan masyarakat umum untuk berperan aktif mensukseskan pencegahan penyebaran Covid-19 termasuk bersedia divaksin.

“Patuhi dan terapkan secara ketat protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalin dan menjaga jarak hendaknya wajib dilakukan dalam beraktivitas sehari-hari,” imbau Letkol Inf Yefta Sangkakala. (Rul)

BERITA REKOMENDASI