Auditor BPK Periksa Penerapan SPBE Secara Berintegritas

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan DIY, VM Ambar Wahyuni menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan pendahuluan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, Jumat (14/8/2020).

Sedangkan Ketua Tim Pemeriksa BPK Perwakilan DIY Kholid Muslim menegaskan, pemeriksaan pendahuluan SPBE tahun anggaran 2019-2020 semester I pada Pemkab Kulonprogo dan instansi terkait lainnya untuk menentukan lingkup pemeriksaan atas isu potensi terutama yang berhubungan dengan tata kelola SPBE berbasis administrasi pemerintahan. “Dipilihnya Pemkab Kulonprogo sebagai ‘sample’ pemeriksaan pendahuluan SPBE, karena kabupaten ini memperoleh predikat penilaian baik oleh Kementerian PAN dan RB. ‘Domain’ tata kelola maupun layanan SPBE yang melebihi target Kementerian PAN dan RB,” katanya Kamis (13/8/2020).

Inspektur Daerah (Irda) Kulonprogo Drs Riyadi Sunarto mengatakan, Pemkab dan masyarakat Kulonprogo merasa bangga lantaran kabupaten ini jadi ‘sample’ objek pemeriksaan SPBE. Pemeriksaan berlangsung 3-17 Agustus 2020 di ruang rapat staf ahli bupati tersebut untuk mengetahui regulasi, tata kelola, manajemen, audit dan penyelenggaraan SPBE di Kabupaten Kulonprogo,” tegas pria biasa disapa Didik, di ruang kerjanya.

BERITA REKOMENDASI