Awan Tebal Mirip Ombak Besar Tak Mempengaruhi Penerbangan Pesawat

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Fenomena alam berupa awan tebal keabu-abuan yang muncul di atas Bandara Internasional Yogyakarta/ Yogyakarta International Airport (YIA) di pesisir selatan Kapanewon Temon, Jumat (15/1/2021) pagi sekitar pukul 07.300 WIB tidak mempengaruhi jadwal penerbangan.

“Karena kemunculan awan itu, penerbangan belum mulai, sehingga operasional penerbangan di YIA berjalan normal. Artinya tidak ada jadwal yang direschedule, pesawat pertama boarding pukul 08.20 WIB,” tegas Airport Operation and Service Senior Manager PT Angkasa Pura (AP) I, Nyoman Noer Rohim. Karena penampakan awan tebal di sekitar YIA tidak biasa, maka fenomena alam tersebut sempat menarik perhatian masyarakat.

Secara terpisah Kepala Stasiun Meteorologi YIA, Warjono mengungkapkan, fenomena alam itu muncul disebabkan adanya pertemuan masa udara hangat dan dingin, masa udara hangat dari laut dan masa udara dingin dari darat yang menyebabkan awan menggulung seperti ombak atau membentuk tipe awan dengan pola horizontal memanjang.

BERITA REKOMENDASI