Bangkai Penyu Lengkang Ditemukan di Pantai Glagah

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Penyu jenis Lengkang ditemukan dalam kondisi mati oleh warga yang sedang memancing di pantai sebelah barat lokasi labuhan atau selatan Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kalurahan Glagah Kapanewon Temon, Jumat (26/11/2021).

Koordinator Sarlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Glagah, Aris Widiatmoko mengungkapkan, bangkai penyu ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB. “Mungkin menepinya sudah beberapa jam sebelum ditemukan,” katanya.

Hasil pemeriksaan penyu tersebut memiliki panjang sekitar 75-80 centimeter, lebar sekitar 45-50 cm dan beratnya sekitar 40 kilogram. Adapun penyebab kematian diduga karena usia.

“Kami sudah melaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan bangkai penyunya sudah kami kubur,” ujar Aris.

Pegiat Lingkungan Kulonprogo, Saptono Tanjung mengatakan, wilayah selatan YIA adalah teluk dan ombak besar menarik ke dalam. Hal ini memungkinan penyu akan kelelahan dan kehabisan tenaga saat mendarat.

“Saya berharap di wilayah selatan bandara dilakukan penelitian sehubungan dengan flora dan fauna yang ada. Sehingga di jadikan kawasan ekosistem yg mengarah pada flora dan fauna esensial. Selain itu agar bandara aman dari kerentanan sosial dan akses yang terbuka untuk keamanan bandara tersebut,” tuturnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI