Bantu Atasi Abrasi, WITT Tanam Pohon

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) Cabang Yogyakarta melakukan gerakan penanaman pohon cemara di Pantai Trisik Desa Banaran Kecamatan Galur didukung sepenuhnya oleh Pemkab Kulonprogo. Sebab penanaman pohon cemara tersebut berkontribusi dan bermanfaat untuk mencegah abrasi pantai dan menahan angin pantai yang menuju ke daratan.

"Itu juga dapat digunakan sebagai upaya mitigasi bencana tsunami dan memberikan dukungan dalam rangka pengembangan Pantai Trisik sebagai kawasan wisata," ungkap Wakil Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo ketika melakukan penanaman pohon bersama WITT di Pantai Trisik Desa Banaran Kecamatan Galur, Rabu (30/01/2019). Pohon yang ditanam oleh WITT sebanyak 1.000 pohon. Ikut melakukan penanaman dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, Muspika Galur, siswa, serta lainnya.

Wabup Sutedjo mengapresiasi kiprah WITT dalam kegiatannya, karena bisa mendukung kebijakan Pemkab Kulonprogo dengan adanya Kawasan Tanpa Asap (KTA) dengan ikut mensosialisasikan kepada publik akan bahaya asap rokok. "Kulonprogo merupakan yang awal menetapkan Peraturan Daerah (Perda) No 5 Tahun 2014 tentang KTA dan sekarang sudah banyak ditiru daerah lain," urai Sutedjo.

Ketua WITT Yogyakarta dr Ernawati Hardani MPH menyatakan, inti visi misi WITT adalah untuk menyadarkan masyarakat bebas dari asap rokok, selain untuk kesehatan juga  lingkungan. "Dalam penanaman pohon ini kita ambil sisi lingkungannya dalam rangka Penanaman Sejuta Pohon. Kami memilih Pantai Trisik, salah satunya faktor dampak ombak. Agar dengan penanaman pohon ini supaya bisa membantu mencegah abrasi lebih banyak lagi," tutur Ernawati yang berharap pula karena di Kulonprogo sudah ada Perda KTA, WITT bisa bekerjasama dengan Pemkab Kulonprogo untuk ikut mensosialisasikan KTA.(Wid)

 

BERITA REKOMENDASI