Baru Ada 3 Bank Syariah di Kulonprogo

WATES, KRJOGJA.com – Hingga saat ini di Kabupaten Kulonprogo terdapat 103 kantor bank, namun yang syariah masih sangat sedikit karena baru ada 3. Sehingga potensi pasarnya masih besar. Adanya BPR Syariah Barokah Dana Sejahtera (BDS) ini masyarakat dapat menggunakan pelayanan syariah, membiayai di sini, sehingga menumbuhkan ekonomi.

Hal itu dikatakan Kepala OJK DIY Untung Nugroho pada peresmian BPR Syariah BDS di Jalan Sugiman no 14 Serut Pengasih, Selasa (17/09/2019). Hadir Wabup Sutedjo, Forkompimda, Hj Pamela, serta lainnya. Dalam kesempatan itu diserahkan pula donasi kepada 4 penerima.

"Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin bank-bank tumbuh berkembang dan membuka cabang si mana-mana termasuk di Kulonprogo. Apalagi kami mendapat mandat dari Gubernur turut mendukung dan mengembangkan Kulonprogo dengan menyediakan berbagai macam fasilitas keuangan. Kulonprogo digadang-gadang menjadi Kota Aeropolis harus didukung dengan lembaga keuangan yang cukup memadai," ujar Untung

Untung menjelaskan, di Kulonprogo jumlah giro, tabungan dan deposito dari 103 bank sekitar Rp 2,9 Trilyun, dan disalurkan ke kredit sekitar 2,4 T. "Jadi memang masih sedikit dana yang terkumpul. Sebagai perbandingan untuk membuat airport ini dibutuhkan Rp 5 T. Uangya bukan dari Kulonprogo, kurang banyak. Dengan berbagai proyek dan bandara diharapkan perekenomian akan tumbuh dan banyak usaha  dibangun di sini, sehingga dana bisa masuk dan menyerap tenaga kerja dari Kulonprogo yang pada gilirannya mensejahterakan masyarakat," katanya. 

Dirut PT BPR Syariah BDS Edi Sunarto SE menyatakan sebenarnya sudah lama menginisiasi berdirinya cabang di Kulonprogo. Meningkatnya status Kantor Kas Kulonprogo menjadi Kantor Cabang akan lebih memudahkan masyarakat Kulonprogo dalam mendapatkan layanan berupa tabungan, deposito, dan pembiayaan syariah. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI