Bawaslu Apel Pengawasan Pemilu 2024

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Tahapan Pemilu serentak tahun 2024 telah dimulai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulonprogo menandai kesiapan pengawasan pemilu dengan menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024.
Apel ini secara serentak dilakukan Bawasu RI bersama Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia.
Ditegaskan Ketua Bawaslu Kulonprogo Ria Harlinawati SIP MA, bahwa Bawaslu telah siap melakukan pengawasan tahapan pemilu 2024 mengingat persiapan yang telah dilakukan juga cukup panjang.
“Sepanjang tahun 2020 hingga saat ini, berbagai persiapan telah dilakukan untuk mengawasi tahapan Pemilu serentak tahun 2024, diantaranya peningkatan kapasitas internal terkait teknis pengawasan, penanganan pelanggaran, maupun penyelesaian sengketa. Persiapan juga dilaksanakan dengan melakukan kegiatan berkaitan dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu serta berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai organisasi maupun lembaga,” urai Ria, Rabu (15/06/2022).
Selain itu, mulai 10 Juni 2022, Bawaslu Kabupaten Kulonprogo telah membuka meja layanan Pemantau Pemilu sebagai sarana informasi dan layanan pendaftaran bagi calon pemantau pemilu untuk mendapatkan akreditasi atau legalitas sebagai pemantau pemilu.
“Meja layanan ini menjadi pula wadah bagi Bawaslu Kulonprogo untuk berkomunikasi dengan pemantau pemilu dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, termasuk melaporkan pula hasil pemantauannya,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI