Bawaslu Serahkan Santunan Kecelakaan

WATES, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kulonprogo memberikan santunan kecelakaan kerja terhadap jajaran Panwaslu Tahun 2019. Penyerahan dilakukan Ketua Bawaslu Kulonprogo Ria Harlinawati SIP MA kepada enam penerima, di aula Bawaslu setempat, Kamis (12/09/2019), dengan dihadiri jajaran Bawaslu, Kepala Kesbangpol, Bawaslu DIY, serta Panwaslu. 

Dua dari enam keluarga Panwaslu yang menerima santunan tidak mampu menahan air matanya. Keduanya yaitu Sumartin (47) warga Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo dan Tusinem (58) warga Kelurahan Wates, Kecamatan Wates. Suami kedua perempuan ini meninggal saat bertugas dalam Pemilu 2019. 

Pemerintah Pusat melalui Bawaslu Kulonprogo atas meninggalnya suami kedua perempuan tersebut, memberi santunan masing-masing berupa uang senilai Rp16,5 juta. Selain keduanya, santunan diberikan pula kepada empat panwaslu lain yang mengalami kecelakaan kerja hingga menimbulkan luka, masing-masing memperoleh santunan sebesar Rp 8,25 juta. Yakni Ruwaida Rismawati Panwaslu Desa Hargotirto Kokap, Janarta Panwaslu Desa Sentolo, Reza Bakhtiar Ramadhan Panwaslu Desa Kaliagung Sentolo, dan Ahmad Syafiiq Panwaslu Desa Banjararum Kalibawang. 

Dijelaskan Ria Harlinawati, sebenarnya ada beberapa panwas lain yang mengalami musibah. Namun tidak semua mendapatkan santunan, karena ada proses verifikasi, seperti menyertakan surat dokter hingga rontgen, dan pihaknya mengirim ke Bawaslu DIY dan Bawaslu RI. "Yang dapat santunan ini kebanyakan karena luka sedang hingga meninggal dunia," ujarnya.

Keenam penerima santunan tersebut, tambah Ria, terdiri dari lima panwas desa dan satu panwas TPS. Beban dua bidang panwas tersebut jauh lebih berat dibandingkan panwas kecamatan maupun jajaran di atasnya. Karena mereka hanya bekerja sendiri untuk satu desa atau satu TPS. "Tugas mereka panwas desa, sementara panwas desa itu hanya satu untuk setiap desa, begitupun dengan panwas TPS. Jadi bisa dikatakan beban kerja mereka yang paling berat," tuturnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI