Bayi Terjangkit Corona di Kulonprogo Dinyatakan Sembuh

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo dr Sri Budi Utami menyatakan, bayi empat bulan yang sempat terjangkit virus Corona dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, saat ini telah sembuh. Berdasarkan hasil tes swab kedua oleh Balai Besar Teknik hatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, yang keluar Sabtu (04/04/2020), bayi berusia empat bulan itu dinyatakan telah negatif Korona.

“Sudah ada data lab yang menyatakan hasilnya negatif,” tegas dr Sri Budi Utami.

Dijelaskan, kendati sudah dinyatakan negatif namun bayi tersebut belum diperbolehkan pulang. Sampai saat ini sang bayi masih dalam perawatan tim medis RSUD milik Pemkab Kulonprogo tersebut.

“Proses perawatan tidak akan lama lagi. Mungkin satu atau dua hari ini, sambil memastikan bahwa kondisi secara umum siap untuk dipulangkan,” jelasnya.

Seperti diketahui, bayi laki-laki empat bulan asal Kapanewon Wates tersebut sejak Selasa (17/03/2020) lalu telah dirawat di RSUD Wates karena mengalami demam dan sesak napas usai bepergian dengan orangtuanya dari Kota S di Jawa Tengah.

Demi alasan keamanan seiring pandemi virus Korona serta mempertimbangkan riwayat perjalanan dan gejala sakit yang diderita sang bayi, maka pihak RSUD Wates mengambil langkah mengisolasi bayi tersebut sekaligus menetapkannya sebagai Pasien Dalam Perawatan.(PDP).

Bersamaan dengan itu, BBTKLPP Yogyakarta juga melakukan tes swab untuk kali pertama terhadap bayi tersebut. Hasil tes Rabu (25/03/2020) mnunjukkan sang bayi positif terjangkit Korona. Sehingga bayi tersebut harus menjalani perawatan intensif di RSUD Wates.

Selama proses perawatan berlangsung, sampel spesimen bayi kembali diuji oleh BBTKLPP Yogyakarta dan pada Sabtu (04/04/2020), hasil tes swab kedua keluar dengan hasil yang menggembirakan sang bayi dinyatakan negatif Korona. (Rul)

BERITA REKOMENDASI