Baznas Bantu 59 UMKM Total Rp 150 Juta

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Lima puluh sembilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kulonprogo mendapatkan bantuan total Rp 150 juta dari Baznas yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM). Peninjauan ke lima UMKM Penerima bantuan dilakukan Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo, Ketua DPRD Akhid Nuryati SE, Ketua Komisi II H Priyo Santoso SH MH,  Kepala Diskop UKM Dra Sri Harmintarti MM, Ketua Baznas Drs H Abdul Madjid, serta lainnya, Rabu (07/10/2020).

Disampaikan Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid, dalam kegiatan ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM. Baznas memberikan bantuan Rp 150 juta, sedangkan Diskop UKM yang melakukan survei dan memverifikasi di lapangan terkait kelayakan UMKM penerima bantuan dengan kriteria dhuafa (tidak mampu) dan UMKM prospek ikon produk lokal di Kulonprogo untuk pengembangan usahanya.

Kepala Diskop UKM Kulonprogo Sri Harmintarti menyatakan  bantuan dari Baznas ini untuk 43 UMKM produksi total bantuan Rp 124 juta dan nonproduksi total bantuan Rp 26 juta. “Disalurkan berupa uang untuk penambahan modal bagi UMKM Dhuafa,  dan tambahan modal pembelian peralatan sebagai pengembangan usaha bagi UMKM Produksi,” ucap Sri Harmintarti.

Baznas, dikatakan Bupati Sutedjo, melihat UMKM Kulonprogo menghadapi kendala sehingga memberikan bantuan. Bantuan ini dimaksudkan untuk memotivasi perkembangan UMKM. “Yang kita datangi ini di antaranya UMKM Pak Agus yang memproduksi Kecap Bu Sastro. Produksinya belum maksimal dan membutuhkan alat. Maka Baznas memberikan bantuan tambahan alat untuk mempercepat proses produksi kecap Bu Sastro,” kata Sutedjo.

Bupati berpesan kepada Pak Agus agar bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Karena produksinya makanan, maka diharapkan untuk menjaga kualitasnya,” ujar Sutedjo yang menyambut baik adanya kerjasama Baznas dengan Dinas Koperasi UKM, sebab dinas yang tahu UMKM mana yang membutuhkan bantuan dan apa yang dibutuhkan. (Wid/Rul)

BERITA REKOMENDASI