Baznas Kulonprogo Salurkan Rp 2,3 M

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kulonprogo dalam bulan Ramadan tahun ini mentasyarufkan (menyalurkan) bantuan sejumlah Rp 2,3 miliar. Khusus untuk pengayuh becak, pasukan kuning, Linmas, serta lainnya bantuan diserahkan Bupati, Wabup, Kapolres, Dandim, dan Ketua Baznas, Kamis (29/04/2021), di depan rumah dinas bupati dan seputar Alun-alun Wates.

Bersamaan itu diserahkan pula Kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) kepada Wakil Bupati Fajar Gegana, Plt Asda 1 Setda Drs Eka Pranyata, dan Bambang Sutrisno SSos MSi Staf Ahli Bupati Setda. Serta pelepasan balon sebagai tanda “Gerakan Cinta Zakat.”

Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid menyanpaikan, penghimpunan Zakat Infak Sedekah (ZIS) selama Januari hingga Maret 2021 sebesar Rp 1,8 miliar. “Penyaluran terbanyak untuk jumlah orangnya adalah kaum Rois yang mencapai 1.500 orang. Kemudian disusul Guru/Pegawai Tidak Tetap (G/PTT), dan ustadz/ustadzah. Sedang pengayuh becak mencapai 100 orang,” kata Abdul Madjid yang berterima kasih kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah berzakat.

Bupati Sutedjo menandaskan, bahwa kewajiban untuk membayar Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS), secara tegas sudah diatur dalam Islam. Sebagaimana anjuran Allah SWT atas ibadah amaliyah dan ubudiyah kepada manusia, pastilah mengandung hikmah. Begitupun perintah Allah SWT atas ketentuan Zakat. Didalam pensyariatan zakat, terdapat banyak hikmah, tujuan-tujuan yang luhur dan kemaslahatan umum.

“Kalau perintah zakat sedemikian ditekankan untuk dilaksanakan dalam kehidupan ini, berarti banyak hikmah yang amat penting bagi diri kita maupun bagi muslim yang lain. Dalam arti manfaatnya akan bisa dirasakan oleh muslim lainnya, bahkan bagi pencapaian tegaknya nilai-nilai Islam di muka bumi pada umumnya, dan di Indonesia pada khususnya,” kata Sutedjo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI