Baznas-Perdami Screening Operasi Katarak 

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com-Sebanyak 47 orang mengikuti screening awal untuk operasi katarak, di Aula Kelurahan Wates, Minggu (03/10/2021). Pelaksanaan screening dan operasi katarak ini kerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kulonprogo dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) DIY.
Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid menyatakan, kegiatan ini kerjasama Baznas dan Perdami merupakan yang pertama. Program tersebut adalah bagian dari Kulonprogo Sehat.
“Ternyata yang mendaftar lumayan banyak yakni 53 orang, telah diperiksa 47 orang dan yang lolos untuk operasi 18 orang,” ujar Abdul Madjid.
Dikatakan Prof dr Suhardjo SU SpM(K) dari Perdami DIY, penyebab kebutaan nomor satu itu adalah katarak. Katarak ini tidak bisa diobati, tetapi harus dioperasi agar bisa melihat kembali. Operasi mahal, kalau mempunyai dana tidak masalah, begitu pula bila mempunyai BPJS  tidak bayar. Tetapi tidak semua anggota masyarakat memiliki BPJS.
“Kita akan membantu bapak ibu yang tidak mempunyai uang dan BPJS. Kita bekerjasama dengan perusahaan yang menyalurkan dana CSR perusahaan yakni Sido Muncul untuk tahun 2021. Nanti setelah screening, operasinya dilaksanakan di RS Sardjito, direncanakan 9-10 Oktober, tiap Sabtu dan Minggu,” kata Suhardjo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI