Baznas Se-DIY, Kualitas dan Kuantitas Meningkat

WATES, KRJOGJA.com –  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se-DIY dalam empat bulan pertama (Januari  hingga April) tahun 2019 capaian kuantitas dan kualitasnya terjadi peningkatan. Dari sisi penghimpunan mencapai Rp 14,67 miliar, dan ditasyarufkan (disalurkan) pada bulan Januari-April sebesar Rp 12,8 milliar. Sedangkan dalam bulan Ramadan 1440 H, selama sebulan penghimpunan mencapai Rp 7,6 M dan ditasyarufkan Rp 8,1 M, lebih besar karena ada dana di luar Ramadan.

Ketua Baznas DIY Dr H Bambang Sutiyoso SH MHum menyatakan itu dalam rapat koordinasi (Rakorda) di Kulonprogo, Senin (24/06/2019). Rakorda sekaligus Syawalan seluruh Pimpinan Baznas dan Pelaksana se-DIY serta diikuti perwakilan Kanwil Kementerian Agama DIY, Kasi Zakat dan staf. Hal yang dibahas adalah evaluasi dan progress report satu semester 2019, meliputi capaian kerja secara substansial Baznas seluruh DIY mengalami peningkatan yang signifikan. "Indek Zakat Nasional (IZN) DIY telah mencapai 0,63 setara dengan nilai baik. Artinya, kinerja kita sudah terapresiasi. Ke depan, nilai Indek Zakat Nasional DIY lebih tinggi lagi," ujarnya.

Bambang menambahkan, selain kuantitas, capaian kualitas juga meningkat. Hal ini bisa dilihat dari akrediatasi, baik akreditasi lembaga dengan nilai relatif baik, ada yang A dan B. Kemudian audit syariah dan akuntan publik sudah dilakukan, tetapi juga ada yang belum.Tetapi kita mendorong untuk semua dilakukan audit. 

"Selanjutnya, sertifikasi. Untuk pimpinan seluruh Baznas DIY seluruhnya tersertifikasi tahun 2019 baru 17 pimpinan. Diharapkan tahun 2019 ini seluruh pimpinan sudah tersertifikasi. Sehingga tahun 2020, seluruh pelaksana bisa tersertifikasi," ujarnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI