BBGRM 2022 Gelorakan Semangat Gotong Royong

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo menegaskan, Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan pelestarian nilai-nilai budaya gotong royong, menuju penguatan integrasi sosial dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan di segala bidang.

“Ke depan saya harap peran lembaga kemasyarakatan kalurahan akan lebih optimal dalam berpartisipasi membangun masyarakat sebagai mitra pemerintah kalurahan. Sehingga disamping terus memupuk dan menumbuh kembangkan semangat gotong royong di masyarakat juga dapat membantu pelaksanaan kegiatan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan,” kata bupati kepada KRJogja.com

saat menghadiri BBGRM Kabupaten Kulonprogo 2022 di lokasi sumur bor dengan pompa hidram di Pedukuhan Kutogiri, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, kemarin.

Bupati berharap pemerintah bersama masyarakat terus menumbuhkan semangat gotong royong. “Kita harus berani menggelorakan semangat tiada hari tanpa gotong royong dan semangat tersebut harus benar-benar bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PMD Dalduk & KB) setempat Drs Ariadi MM mengatakan, sesuai tema BBGRM 2022, ‘Dengan BBGRM Kita Optimalkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan/ Kelurahan sebagai mitra pemerintah kalurahan/ kelurahan’, dalam pelaksanaannya dapat dipadukan dan diimplementasikan di tengah kondisi Covid-19.

Dalam pelaksanaan BBGRM, Bupati Sutedjo bersama organisasi perangkat daerah (OPD) melihat langsung kondisi masyarakat sekaligus menerima masukan terkait permasalahan yang dihadapi masyarakat. BBGRM 2022 dilaksanakan di 12 kapanewon dan pembukaanya berlangsung di Kalurahan Wahyuharjo Kapanewon Lendah. Kegiatan tersebut berlangsung enam hari, dengan jadwal pelaksanaan hari pertama di Kapanewon Lendah dan Sentolo kemudian Kapanewon Temon dan Wates, Kapanewon Girimulyo dan Nanggulan, Kapanewon Kokap dan Pengasih, Kapanewon Kalibawang dan Samigaluh serta Kapanewon Galur dan penutupannya akan berlangsung di Kapanewon Panjatan pada Jumat (20/5).

BERITA REKOMENDASI