Bedah Rumah Kembali Digelar Prokes

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sempat off beberapa saat karena pandemi Covid-19, program Bedah Rumah kembali digelar dengan tetap menaati protokol kesehatan (prokes). Baznas Kulonprogo menyalurkan bantuan bedah rumah 3 lokasi, sekaligus juga bantuan biaya hidup, bencana, dan pengobatan sehingga total Rp 55 juta. Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Staf Ahli Bambang Sutrisno SSos MSi dan Plt Asda I Drs Eka Pranyata, serta Ketua Baznas Drs H Abdul Madjid dan Waka I H Agus Nuryanto, Rabu (24/03/2021).

Bantuan terdiri 3 Bedah Rumah yakni rumah Suwardi Nogosari dan jambanisasi, rumah Ainul Mudakir Nogosari Purwosari Girimulyo, serta Tumijo Kaliapak Banjarsari Samigaluh. Biaya hidup untuk Painem Sibolong Jatimulyo, Sumarjo Ngroto Purwosari, Satinah Tompak Giripurwo Girimulyo. Bantuan tanggap bencana untuk Rubiran Sekaro Giripurwo Girimulyo. Kemudian biaya pengobatan Muh Deni Gendu Jatimulyo Girimulyo.

Bupati Sutedjo menuturkan, permohonan bedah rumah dari masyarakat sudah banyak dan menumpuk. Karena memang situasi yang ada selama pandemi hampir setahun sempat off. Mensikapi hal itu, maka Pemkab Kulonprogo dan Baznas sepakat melakukan penyaluran bantuan bedah rumah namun dengan prokes yang ketat. “Tidak ada pengerahan massa dan kita berada di tempat juga hanya sebentar,” kata Sutedjo.

Bantuan tersebut, menurut Ketua Baznas Abdul Madjid, keseluruhannya sebesar Rp 55 juta. Untuk bedah rumah dilakukan pada tiga lokasi, yakni dua di wilayah Kapanewon Girimulyo dan satu di Kapanewon Samigaluh. “Sedangkan lainnya adalah untuk biaya hidup, korban bencana, dan pengobatan,” ucapnya. (Wid/Rul)

BERITA REKOMENDASI