Belasan Tahun Mangkrak, Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto Segera Dilanjutkan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) tidak ingin penyelesaian pembangunan Pelabuhan Perikanan Internasional Tanjung Adikarto gagal lagi seperti saat proyek tersebut digarap tahap pertama dulu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dalam upaya melanjutkan pembangunan pelabuhan di muara Sungai Serang Kalurahan Karangwuni Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo tersebut, pihaknya akan memulai dari awal yakni melakukan studi dengan menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) selama tiga bulan. Setelah itu baru menentukan langkah-langkah yang akan diambil guna merampungkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto.

“Studi lengkap akan dilakukan lagi dengan melibatkan UGM. Dari pengamatan kami, di pintu pelabuhan memang sendimen pasirnya perlu dikeruk setiap waktu. Tapi dari pak Menteri KKP kita harus kasih kapal besar untuk mencari ikan di laut kemudian di bawa (bersandar-Red.) di kolam pelabuhan,” kata Luhut didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Soemadi, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Bupati Kuloprogo Sutedjo saat berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Adikarto di Pantai Karangwuni, Wates, Jumat (12/3/2021).

BERITA REKOMENDASI