Belum Maksimal, Kapanewon Samigaluh Monitor Kinerja Dukuh

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kapanewon Samigaluh gencar melakukan monitor kinerja para dukuh di kantor desa. Kinerja para dukuh belum maksimal walaupun para dukuh sudah 'ngantor' lima hari kerja. 

Panewu Samigaluh Triyanto Raharjo menyampaikan hal tersebut seusai memonitor kinerja para dukuh di Desa Banjarsari, baru-baru ini. Pada jam kerja para dukuh di Desa Banjarsari berada di kantor desa.
"Semua dukuh hadir di Kantor Desa Banjarsari. Bukti kehadiran para dukuh sudah mengisi absen kehadiran. Banyak yang dapat dikerjakan di kantor desa," ujar Triyanto Raharjo. 

Menurutnya, monitor para dukuh hendak dilakukan di semua kantor desa di wilayah Kapanewon Samigaluh. Para dukuh wajib 'ngantor' lima hari kerja untuk membantu pelayanan dan administrasi pemerintahan desa.
Dari hasil monitor di Desa Banjarsari, katanya, dukuh sudah menjalankan tugas membantu kegiatan pelayanan dan mengerjakan administrasi desa. Sebagian di antara dukuh sedang menyusun proposal kegiatan desa.

Dari sebanyak 13 dukuh di Desa Banjarsari, katanya, belum semua mendapatkan tugas pembantuan dari desa. Oleh para dukuh dimanfaatkan bertukar pengalaman di wilayah pedukuhan masing-masing.
"Ketika para dukuh sudah berkumpul, menjadi media saling bertukar informasi persoalan apa saja. Ada informasi penting dapat cepat sampai ke dukuh," jelasnya.

Diharapkan para dukuh di Kapanewon Samigaluh mulai aktif 'ngantor' di kantor desa masing-masing. Monitor kinerja dukuh lima hari kerja di desa lain karena banyak tugas yang dapat dikerjakan di kantor desa.

"Kami tidak dapat menyampaikan waktu dan desa yang dimonitor. Tidak ada pemberitahuan dari kapanewon. Hasilnya akan dijadikan bahan evaluasi laporan ke kabupaten," tambahnya.(Ras)

BERITA REKOMENDASI