Berhasil Ditangkap, Napi Kabur Dijebloskan ke Ruang Isolasi

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Satu dari dua narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates dan menjadi buron, Senin (28/10/2019) berhasil ketangkap polisi di Alun-alun Kebumen Jateng. Dengan tertangkapnya Pinasthi Bayu Setya Aji bin Sukirman kasus penggelapan pidana 10 bulan warga Giripeni Wates, kini Petugas Rutan dan Polres terus memburu satu napi lagi yang masih buron. Para napi yang tertangkap selanjutnya ditempatkan di ruang isolasi.

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto membenarkan telah tertangkapnya Pinasthi Bayu Setya Aji di Alun-alun Kebumen. "Tertangkapnya sore, berkat kerjasama anggota dan Kepolisian. Saat ditangkap tidak mengadakan perlawanan, yang bersangkutan sedang duduk-duduk di Alun-alun Kebumen. Dia janjian dengan temannya yang mantan keluaran Rutan juga. Dengan tertangkapnya Pinasthi maka tinggal Sutristiyanto alias Trisno bin Muh Toha terlibat kasus pencurian pidana 2 tahun 6 bulan warga Pekalongan Jawa Tengah. Mohon doanya agar segera tertangkap," ungkap Deny.

Dikatan Deny, narapidana yang sudah tertangkap, ditempatkan di ruang isolasi, agar tidak bisa berkomunikasi dengan warga binaan yang lain. "Petugas dan aparat juga sudah menyebar foto napi yang masih buron, serta dibagi beberapa titik yang ditengarai menjadi tempat persembunyian," katanya. 

Ditambahkan Deny, Dany Saikhul Arifin (kasus penipuan) yang sempat jatuh usai melompat pagar hanya mengalami luka pada tangan dan tidak patah kaki. Sedangkan Abdul Aziz bin Asropi (kasus pencurian) dan Taufikurohman bin Nuriyaman (kasus pencurian) juga sudah membaik. "Saat ini kondisi Rutan Kelas II B Wates memang kondisinya over kapasitas. Seharusnya hanya dihuni sesuai kapasitas 55 orang, tapi saat ini 82 orang," tambahnya.

Seperti diketahui lima narapidana dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates, kabur. Tiga diantaranya berhasil tertangkap masing-masing Dany Saikhul Arifin (kasus penipuan) di halaman Rutan, dan dua lainnya yakni Abdul Aziz bin Asropi (kasus pencurian) dan Taufikurohman bin Nuriyaman (kasus pencurian) berhasil ditangkap warga dan petugas di wilayah Pedukuhan Blumbang Desa Karangsari Kecamatan Pengasih, Minggu (27/10). Sedangkan Senin (28/10) tertangkap lagi satu napi, yakni Pinasthi Bayu Setya Aji (kasus penggelapan). Kelima napi tersebut kabur melalui gorong-gorong di dalam Rutan dan loncat lewat tembok belakang. (Wid/*32)

 

BERITA REKOMENDASI