Besok Jumat, Presiden Jokowi Resmikan Bandara YIA

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo, Jumat (28/08/2020). Peresmian ini diharapkan merangsang penerbangan internasional.
“Jadi beliau nanti hari Jumat hadir di bandara YIA untuk meresmikan bandara,” tandas Sekda DIY, Baskara Aji, Rabu (26/08/2020). Dengan diresmikannya YIA ditengah pandemi Covid-19, menandakan kesiapan Yogyakarta untuk dikunjungi kembali. Peresmian bandara akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
“Ini juga bisa merangsang sehingga penerbangan langsung direct flight dari kota-kota di Asia, Eropa, dan Amerika,” katanya. Lebih lanjut, Aji mengatakan kesiapan kedatangan wisatawan rombongan seiring dengan dibukanya Bandara Internasional tersebut. Tentu saja dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.
“Pada prinsipnya kita sudah terbuka yang penting mematuhi protokol kesehatan. Kalau berbicara mengenai rombongan atau tidak rombongan yang penting adalah mengenai protokol. Misalnya bus isi 50 tapi kan gak bisa diisi 50 kan ada aturannya,” paparnya.
Aji juga menyoroti dengan dibukanya YIA, diharapkan lebih mengenalkan Yogyakarta ke kancah yang lebih luas, baik dari sisi profil bandara dengan arsitektur yang artistik maupun dari segi pelayanan.
“Jadi kalau bandara sudah diresmikan pak presiden, orang akan lebih mengenal lagi YIA yang ada di Kulon Progo baik dari sisi profil bandaranya maupun orang akan mengenal bahwa kita di Yogyakarta  punya bandara baru yang bisa memberikan layanan yang lebih baik dibanding bandara Adisucipto yang kemarin,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI