BIN Kulonprogo Tuntaskan Vaksinasi Anak Pada Akhir Desember 2021

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Badan Intelijen Daerah (BINDA) Kulonprogo bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengadakan vaksinasi bagi puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) Kanisius Bonoharjo dan Taman Kanak-kanak (TK) Maria Mater Dei Kapanewon Sentolo, Selasa (28/12).

Kepala SD Kanisius Bonoharjo, Sulistio Asmoro menjelaskan, tahap pertama vaksinasi menyasar 96 dari 109 siswa.

“Sisanya sudah mengikuti vaksinasi di luar sekolah. Selain SD, juga ada enam siswa di jenjang pendidikan TK yang genap berusia 6 tahun,” katanya di sela vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19 secara ketat.

“Kami mengantisipasi kerumunan dengan melakukan vaksinasi empat sif. Pukul 08.00 WIB untuk siswa kelas 1 dan 2, pukul 08.30 WIB kelas 3 dan 4. Kemudian pukul 09.00 WIB kelas 5 dan 6 serta pukul 09.30 WIB untuk siswa TK,” ujarnya.

Disinggung tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, pihaknya membatasi kapasitas 50 persen. Hal tersebut mengacu peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo. “Harapan kita setelah dilakukan vaksinasi kehidupan kembali normal dan itu bisa terwujud jika ada dukungan semua pihak,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator Vaksinasi Covid-19 BINDA Kulonprogo Wury Atmaja mengatakan, hingga saat ini sudah delapan SD yang dilakukan vaksinasi. Di antaranya SDN Percobaan IV Wates, SDN Salamrejo Sentolo, SDN Panjatan, SDN Palihan Lor, Temon dan SDN Cerme Panjatan serta SDN Pergiwatu Wetan Sentolo.

“Sehari dua titik vaksinasi kita lakukan. Untuk hari ini selain SD Kanisius Bonoharjo juga ada SDN Depok yang kita targetkan 398 siswa,” ungkapnya menambahkan vaksinasi yang digelar BINDA bekerjasama puskesmas setempat untuk mencapai vaksinasi anak yang ditargetkan selesai akhir Desember 2021.

“Kami berupaya maksimal mencapai target tersebut,” kata Wury.

Salah satu orang tua siswa, Evi Jenia berharap vaksinasi bagi anak-anak bisa mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. “Dengan divaksin tentu kekebalan tubuh meningkat,” jelasnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI