BKKBN RI Jadikan Remaja Subjek Pembangunan Keluarga Berkualitas

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI, Dr (HC) dr H Hasto Wardoyo SpOG (K) menegaskan, pihaknya sedang fokus menjadikan generasi muda sebagai ‘leading sektor’ program pembangunan keluarga untuk mewujudkan manusia berkualitas. Melalui program generasi yang punya rencana (genre), remaja menjadi subjek pembangunan keluarga.

“Generasi muda sedang kita semangati agar jadi leading sektor dalam pembangunan keluarga yang berkualitas,” tegas Hasto Wardoyo dalam sosialisasi Program Kencana dengan menyasar para generasi muda Kulonprogo di Balai Kalurahan Bugel, Panjatan, Selasa (10/11/2020).

Sosialisasi berlangsung dua hari. Dipilihnya Kalurahan Bugel lantaran Kapanewon Panjatan merupakan salah satu kampung KB di Kulonprogo. Kalurahan Bugel telah jadi percontohan nasional pelaksanaan program Kencana dengan melibatkan genre.

“Remaja jadi fokus kami, tapi pembinaan untuk balita dan lansia juga dilakukan,” jelas mantan Bupati Kulonprogo tersebut.

Menurutnya ada tiga slogan yang dipegang genre dalam programnya yakni, tidak melakukan seks sebelum menikah, tidak menikah terlalu muda dan tidak mengkonsumi obat-obatan (narkotika). BKKBN mendorong anak muda agar berkembang sesuai kemajuan zaman. Sehingga orang tua harus bisa mengikuti keinginan anak dengan tetap memberikan nasihat.

“Anak muda ingin apa, kita harus dorong tapi tetap memberikan nasihat,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI