BKSDA Yogyakarta Bersama COP Dorong Masyarakat Peduli Kelestarian Satwa Liar

Editor: Ivan Aditya

KLONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M Wahyudi berkesempatan berbincang langsung dengan peserta Center Of Orangutan Protection (COP) School Batch 11, Senin (21/06/2021). Bertempat di Dolandeso Boro Banjarsari Kalibawang, M Wahyudi menyampaikan materi terkait peran pemerintah dalam konservasi satwa di indonesia.

Kegiatan ini digagas oleh COP School yang merupakan sekolah yang diselenggarakan oleh COP untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umumyan tertarik dengan konservasi khususnya konservasi satwa liar. Peserta yang hadir pada kesempatan ini sebanyak 45 orang peserta dari 52 peserta yang direncanakan.

Pada kegiatan ini disampaikan tema materi tentang upaya representative dan preventif pemerintah dalam upaya pelestarian satwa satwa liar, maupun edukasi kepada masyarakat untuk membangun kesadaran menjaga kelestarian satwa liar. Kesemua materi terkait kegiatan konservasi satwa liar dan upaya pelestarian serta penanganan permasalahan terkait gangguan satwa liar yang dihadapi dalam aktivitas sehari-hari.

“COP School ini senurutnya salah satu kegiatan yang sangat menarik, memberikan banyak manfaat dan diharapkan mampu memberikan edukasi secara efektif kepada masyarakat terkait upaya perlindungan dan pelestarian satwa liar,” kata M Wahyudi.

Ia menyampaikan, melihat mayoritas peserta COP School Batch 11 yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sebenarnya mereka cukup potensial untuk menggaungkan upaya konservasi dan kepedulian terhadap satwa liar Indonesia di daerahnya masing-masing.Upaya konservasi satwa liar ini memerlukan adanya kerjasama dari berbagai pihak dan dilakukan secara terus menerus.

“Jika kesadaran terhdap kelestarian satwa liar di masyarakat sudah terbentuk secara komunal, saya yakin kelestarian satwa liar dapat terus terjaga dan generasi mendatang tetap dapat melihat keberadaan satwa tersebut di alam.” jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI