BPJS Agar Intensif Sosialisasikan Produknya

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) sebagai layanan publik di bidang kesehatan, harus bertanggung jawab bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat. Setidaknya lebih intensif mensosialisasikan produk-produknya, agar masyarakat lebih paham.

Karena di beberapa kasus, masyarakat banyak yang tidak tahu bagaimana prosedur, tata cara, penggunaan kartu BPJS, cara klaim dan lain-lain. Masyarakat tahunya, kalau sudah memiliki kartu BPJS, semuanya bisa dilayani. Tetapi ternyata ada tahapan-tahapan.

“BPJS perlu mensosialisasikan produk-produknya agar sebagai badan layanan publik bidang kesehatan benar-benar hak rakyat untuk mendapatkan akses bidang kesehatan terlayani dengan baik,” kata Istana SH MIP Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kulonprogo, Jumat (22/10/2021).

Istana juga sering mendengar kalau BPJS itu sering rugi. Apakah tidak bisa, BPJS membuat laporan keuangan berkala yang disampaikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat sebagai peserta, warganegara ikut mengontrol keberadaan BPJS sehingga bisa menjadi lebih baik fasilitas masyarakat.

“Dinas sudah membuat pola, dulu pernah saya minta ditempatkan di front office untuk secara khusus memberikan penjelasan kepada pengguna BPJS. Kalau layanan kerjasama baik, saya kira BPJS juga akan memberikan fasilitas yang memadahi,” ujar Istana.

Direktur RSUD NAS drg Hunik Rimawati MKes menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani pasien-pasien baik rawat jalan (rajal) maupun rawat Inap. Untuk kasus non emergensi mengacu pada peraturan rujukan berjenjang, pasien yang memperoleh rujukan dari Puskesmas/Klinik (PPK1) atau fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1untuk mendapatkan pelayanan spesialistik.

“Untuk pasien dengan kondisi kegawatdaruratan (kriteria medis) langsung melalui IGD untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. Selama ini pasien yang berkunjung ke RSUD NAS sebagian besar adalah pasien BPJS, baik rawat jalan maupun rawat inap,” ucap Hunik. (Wid)

BERITA REKOMENDASI