BPOP dan Masyarakat Kalurahan Gerbosari Siap Garap Semua Potensi Wisata

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebagai wilayah penyangga kawasan Borobudur Highland di bawah naungan Badan Pelaksana Otorita Bodobudur (BPOB), maka pemerintah bersama masyarakat Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo siap menggarap semua potensi yang ada.

Hal tersebut terungkap dalam Penutupan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata Di Sekitar Zona Otorita Badan Pelaksanaan Otorita Borobudur Tahun 2022 di Balai Kalurahan Gerbosari, Jumat (22/4/2022).
“Kalurahan Gerbosari merupakan penghasil Bunga Krisan dan memiliki beberapa potensi wisata di antaranya Puncak Suroloyo dan sejumlah produk UMKM seperti topeng kayu, biola kayu, batik gerblek renteng, kerupuk pegagan, kerupuk terong, dan jamu tradsional berbahan empon-empon,” kata Staf Pembangunan Kalurahan Gerbosari, Aviana Martalia Sari usai penutupan pelatihan.
Pihaknya berharap evaluasi standard operating procedure (SOP) yang sudah terkumpul telah dievaluasi pendamping dari BOB bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. SOP akan dijadikan panduan dalam mendampingi desa wisata yang sudah terbentuk untuk maju dan lebih baik lagi. Meliputi pengembangan produk, pelayanan dan pengelolaan,” jelas Aviana.
Sementara itu Lurah Desa Gerbosari, Suratno mengatakan, dalam menyambut musim libur Lebaran 2022, pihaknya akan menerapkan hasil pelatihan dari BPOB sehingga libur lebaran banyak wisatawan datang.
“Kami siap berkolaborasi dengan BPOB dan Lembaga Sertifikasi Jana Dharma Indonesia yang telah melaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Sekitar Zona Otorita BPOB Tahun 2022,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI