BPPT Pelatihan Penambangan Emas Bebas Merkuri

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJogja.com – Guna mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia menghapus pengolahan emas tanpa merkuri, khususnya dipertambangan emas skala kecil, Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Mineral Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengadakan pelatihan pengolahan emas bebas merkuri yang ada di Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo.

“Biasanya penambangan emas skala kecil menggunakan merkuri dalam proses pengolahan emas yang dikenal dengan metode amalgamasi. Merkuri merupakan bahan kimia berbahaya terhadap kesehatan maupun lingkungan,” kata Direktur Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Mineral Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Rudi Nugroho saat memberikan penjelasan tentang pilot project pengolahan emas bebas merkuri di Hotel Cordia, Bandara Internasional Yogyakarta (BIY), Temon, Senin (14/6/2021).

Diungkapkan, bahan kimia tersebut tidak bisa terurai di alam dan bila masuk ke mahluk hidup, merkuri ini akan mengalami akumulasi, dalam jangka panjang akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia seperti kerusakan sistem saraf, otak dan bahkan mengakibatkan cacat. Oleh karena itu, negara-negara di dunia termasuk Indonesia, telah bersepakat menghapus penggunaan merkuri dalam berbagai aktifitasnya.

BERITA REKOMENDASI