Budidaya Ikan Kulonprogo Maju Lomba Nasional

KULONPROGO (KRjogja.com) – Kelompok budidaya ikan Mino Bayu Lestari di Dusun Tonobakal Desa Hargomulyo Kecamatan Kokap, maju mewakili Kulonprogo dalam lomba tingkat nasional. Kelompok ini akan dinilai oleh tim dari pusat, Selasa (30/8/2016) mendatang.

Ketua kelompok budidaya ikan Mino Bayu Lestari, Yuwantoro (45) menjelaskan, sebelum mewakili Kulonprogo maju lomba tingkat nasional, kelompoknya telah berhasil menjuarai lomba di tingkat kabupaten juga provinsi. Dalam lomba tersebut, ada hal yang ditekankan kelompoknya yakni berupa kemandirian.

"Kita adalah pelaku utama mandiri. Artinya, semua pembiayaan budidaya ikan ini didapat dari swadaya anggota kelompok, bukan bantuan dari pemerintah atau swasta," kata Yuwantoro kepada wartawan, Minggu (28/8/2016).

Saat ini, kelompok Mino Bayu Lestari sudah menduduki posisi tiga besar se-Indonesia. Yuwantoro sangat berharap, kelompoknya bisa dinobatkan sebagai juara.
"Kami akan menampilkan yang terbaik saat dinilai tim dari pusat nanti," imbuhnya.

Yuwantoro menyebutkan, kelompok budidaya ikan Mino Bayu Lestari digawangi 23 anggota. Di awal berdiri pada 2012 lalu, kelompok ini hanya memiliki sembilan kolam ikan, namun sekarang jumlahnya mencapai lebih dari 30 kolam.

"Jenis ikan yang dibudidayakan adalah gurami," jelasnya.

Selain menghasilkan keuntungan saat panen, kolam ikan yang dibuat kelompok budidaya Mino Bayu Lestari juga mampu menyulap lahan gersang menjadi bernilai ekonomi. Terlebih air kotoran ikan dari kolam yang disiramkan ke lingkungan sekitar, terbukti mampu menyuburkan tanaman. (Unt)

BERITA REKOMENDASI