Bupati Antusias Akses ‘E-Warung’

WATES (KRjogja.com) –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menempuh berbagai upaya  mengatasi masalah kemiskinan seperti memberikan fasilitas kemudahan bagi masyarakat pra sejahtera termasuk pemilik warung dalam mengakses berbagai bantuan sosial (bansos).

Menurut Bupati fasilitas itu berupa  Program Desa Sejahtera Mandiri, bedah rumah, bantuan permodalan untuk kelompok-kelompok usaha mikro dan warung elektronik atau 'e-warung' di delapan Desa Sejahtera Mandiri.

"Saat kami berdiskusi dengan Menteri Sosial RI, bu Khofifah Indar Parawansa di ruang kerjanya Kamis (11/08/2016) lalu, bu menteri mengapresiasi positif berbagai program pengentasan kemiskinan yang telah kami laksanakan sekaligus memberikan masukan tentang penanganan kemiskinan di Kabupaten Kulonprogo," kata dr Hasto Wardoyo SpOG (K) saat ditanya hasil pertemuannya dengan Menteri Sosial, Minggu (14/08/2016).

Hasto berharap Mensos segera berkunjung ke Kulonprogo guna merintis layanan warung nontunai atau 'e-warung' sehingga upaya pengentasan kemiskinan membuahkan hasil maksimal. Layanan 'e-warung' merupakan program khusus yang akan diterapkan di Kulonprogo.

"Dalam pelaksanaannya layanan warung nontunai tersebut, produk-produk masyarakat lokal bisa dijual di warung yang merupakan bagian koperasi primer di bawah Kemensos. Jadi prakteknya nanti ada semacam dasa wisma yang bisa membentuk 'e-warung' untuk menjual berbagai produk lokal," jelasnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI