Bupati dan Perumda Air Minum Tirta Binangun – Bank Kulonprogo Raih Penghargaan TOP BUMD Awards 2021

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJogja.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun dan Perumda BPR Bank Kulonprogo meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2021. Meningkatnya prestasi kedua perusahaan milik Pemkab Kulonprogo tersebut menjadikan Bupati Drs Sutedjo dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD. Membanggakan lagi torehan prestasi bergengsi tersebut merupakan tahun kedua, pada 2020 lalu kedua BUMD dan Bupati Drs Sutedjo juga meraih penghargaan serupa.
Ajang TOP BUMD Awards diselenggarakan majalah Top Business bekerja sama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis. Dewan juri melibatkan sejumlah profesor, beberapa doktor serta para praktisi dan konsultan bisnis terkemuka tanah air.
Menteri BUMN Erick Thohir mewakili Wapres KH Ma’ruf Amin mendorong sinergi kerjasama BUMN dengan BUMD dalam upaya menggeliatkan perekonomian daerah dan mempercepat pemulihan ekonomi Nasional di tengah pandemi Covid-19.
“Kami sangat terbuka bekerja sama dengan BUMD dan pemerintah daerah,” kata Erick melalui webinar.
Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021 juga Pemred Majalah Top Business, M Lutfi Handayani mengatakan ajang tersebut merupakan kegiatan award BUMD terbesar di Indonesia dan diberikan pada BUMD-BUMD terbaik diadakan setiap tahun. Penilaian meliputi berkinerja baik, banyak melakukan improvement dan inovasi perbaikan, telah berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, memiliki strategi dan inovasi di masa pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.
“TOP BUMD Awards terbesar ini bukan sekadar pemberian penghargaan tapi mengedepankan aspek pembelajaran bersama terutama untuk BUMD peserta,” ungkapnya menambahkan 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian.
Bupati Drs Sutedjo bersyukur BUMD-BUMD Kabupaten Kulonprogo diakui dan dihargai oleh lembaga independen tingkat Nasional. Penghargaan tersebut sungguh membanggakan, sehingga pihaknya berharap torehan prestasi yang diraih Perumda Airminum Tirta Binangun dan Bank Kulonprogo menjadi inspirasi dan spirit bagi BUMD lainnya sehingga lebih baik lagi dan membawa kemajuan wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Ditegaskan, dalam pengelolaan BUMD dirinya memberikan keleluasaan kepada para direksi untuk selalu kreatif dan inovatif dalam upaya mengembangkan sekaligus memajukan perusahaan milik Pemkab Kulonprogo tersebut.
“Saya selalu memberikan keleluasaan pada para direksi BUMD kita untuk membuat program-program kerja baru yang bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Seperti Perumda Air Minum Tirta Binangun saat ini jaringan layanannya kepada publik semakin luas termasuk pemberian relaksasi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” ujarnya, Minggu (12/9/2021).

BERITA REKOMENDASI