Bupati Ingatkan PLS Jangan Bias

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) mengingatkan sekolah agar menaati pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Sebab PLS penting dan jangan sampai ada bias.

"Saya sering gemas karena dalam PLS sering terjadi bias. Sering meninbulkan arogansi, seperti menganggap siswa baru dianggap rendah dan mentalnya diteror bisa dicuci otak. Pemahaman seperti itu harus diubah, harus mengenal siswa dengan dinamika kelompok dalam PLS," kata Hasto saat memantau pelaksanaan PLS di SMK Negeri I Temon, Senin (18/07/2016).

Menurut Hasto, ada yang penting dalam PLS ini. Selain mengenalkan lingkungan, juga harus menimbulkan motivasi, karena ada yang motivasinya masih rendah dan setelah itu menimbulkan visi bersama agar sekolah bisa berprestasi.

Dikatakan Kadinas Pendidikan Drs H Sumarsana MSi, pihaknya percaya para kepala sekolah menaati peraturan PLS tersebut. "Bila ada yang melanggar, selain diundang maupun tertulis, dan kalau sudah melanggar sekali dana BOS-nya akan dikurangi dari Jakarta," ujar Sumarsana. (Wid)

BERITA REKOMENDASI