Bupati ‘Kick Off’ Program Sambanggo

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo Joko Mursito SSn MMA menegaskan, objek wisata (Obwis) Watu Lempeng di Pedukuhan Brangkal Kalurahan Banyuroto Kapanewon Nanggulan memang layak menjadi lokasi kick off program Sambang Kulonprogo (Sambanggo) tahun 2022.

“Sejumlah alasan kami melaksanakan kick off Program Sambanggo 2022 di obwis ini. Di antaranya Obwis Watu Lempeng diinisiasi, dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat sekitar melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sehingga, aspek tersebut masuk kriteria kami,” kata Joko Mursito disela acara, Jumat (21/01/2022).

Sambanggo, program promosi untuk menarik perhatian wisatawan terhadap sejumlah obwis di Kulonprogo. Sehingga, obwis yang dinilai berpotensi mengundang kunjungan wisatawan dan membutuhkan sejumlah perbaikan maupun penambahan infrastruktur menjadi perhatian Dispar Kulonprogo.

“Pemerintah dalam hal ini Dispar mempunyai kewajiban memfasilitasi sejumlah obwis yang dikelola masyarakat. Program Sambanggo memang bersumber dana keistimewaan (Danais). Sehingga, upaya mendukung terciptanya obwis yang berkelanjutan sangat dimungkinkan,” jelasnya.

Seperti halnya pelaksanaan Sambanggo tahun lalu, program Sambanggo tahun ini juga menyasar 10 obwis tersebar di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Sambanggo juga hadir guna mendukung terciptanya pertumbuhan ekonomi lokal khusunya dari sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Melalui Program Sambanggo kami berupaya membangkitkan sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Seiringan dengan itu sektor lain seperti perdagangan, perindustrian dan UMKM juga mengikuti bangkit. Sehingga masyarakat berdaya dan perekonomian masyarakat lokal berkembang sehingga lepas dari keterpurukan akibat pandemi,” ujar Joko Mursito.

Bupati Sutedjo menyatakan mendukung pelaksanaan Program Sambanggo tahun 2022 yang ditandai kick off di Obwis Watu Lempeng. Sambanggo digalakkan secara konsisten untuk membangkitkan sekaligus meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata yang terpuruk pada masa pandemi.

“Nuansa wisata membawa kita pada kesejukan. Mari kita bangkit dan tidak menyerah pada keadaan pandemi. Mari kita sukseskan Program Sambanggo demi bangkitnya dunia pariwisata Kulonprogo,” imbau Bupati Sutedjo.

Obwis Watu Lempeng menawarkan pemandangan indah di pinggir Sungai Serang. Di lokasi tersebut nampak sejumlah watu lempeng yang muncul akibat sedimentasi sungai. Obwis ini cocok dinikmati pada sore hari sembari duduk di gazebo-gazebo yang disediakan pengelola Obwis Watu Lempeng sambil menikmati kuliner lokal.

Ketua Pengelola Obwis Watu Lempeng, Susilo menjelaskan, pelaksanaan Program Sambanggo merupakan upaya strategis mendukung promosi Obwis Watu Lempeng yang mati suri akibat pandemi Covid-19. (Rul)

BERITA REKOMENDASI