Bupati Kukuhkan Ibu PAUD Kabupaten

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Setiap Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang telah dikukuhkan hendaknya punya kepedulian dan kepekaan lebih terhadap anak-anak usia PAUD di lingkungannya. Dalam mengoptimalkan kepedulian tersebut maka diperlukan kerjasama dengan organisasi, instansi atau lembaga lain.

“Ibu PAUD merupakan ujung tombak pendidikan anak usia dini, denga adanya pelantikan atau pengukuhan maka pekerjaan ke depan bisa dilakukan semakin baik. Ibu PAUD kapanewon (kecamatan) hendaknya bisa membina sekaligus memberikan perhatian ekstra, Ibu PAUD dituntut memiliki program kerja meningkatkan kualitas anak PAUD, agar kreatif berkarakter, mandiri, tangguh dan tidak cepat menyerah di tengah keadaan dinamis dan cepat berubah,” kata Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo disela pengukuhan Ibu PAUD kabupaten dan kapanewon se-Kabupaten Kulonprogo di Aula Adikarta, kompleks pemkab setempat, Selasa (22/12/2020).

Hadir menyaksikan pengukuhan, Ketua Pokja Ibu PAUD DIY KGBRAy Paku Alam X dan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY Eko Sumardi serta perwakilan OPD lingkungan Pemkab Kulonprogo. Pengukuhan merupakan titik awal Kabupaten Kulonprogo untuk menciptakan kabupaten ramah anak, yang melindung hak-hak setiap anak usia PAUD yang ada di Kulonprogo. “Ibu PAUD juga harus mendorong orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung program-program lembaga PAUD di masa pandemi,” tegas Bupati Sutedjo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kulonprogo Arif Prastowo SSos menjelaskan, peran Ibu PAUD sangat penting untuk menggerakan segenap komponen dan sumber daya guna mengoptimalkan layanan PAUD. “Ibu PAUD Kabupaten dan kapanewon usai dikukuhkan dapat segera aktif untuk pengembangan program PAUD Holistik Integratif berkarakter dan berbudaya,” imbaunya.

Sedangkan Dra Sri Wahyu Widhati sesaat setelah dikukuhkan sebagai Ibu PAUD Kabupaten Kulonprogo oleh Bupati Sutedjo mengajak para ibu PAUD kapanewon untuk memastikan anak di wilayahnya terdaftar di satuan PAUD sehingga kebutuhan akan rangsangan pendidikan dapat membantu pertumbuhan jasmani rohani dan terlayani.

“Mari kita bergandengan tangan, seiring sejalan menyiapakan anak-anak kita sebagai generasi penerus yang membawa Kabupaten Kulonprogo lebih sejahtera. PAUD merupakan tanggung jawab bersama, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Keluarga merupakan pendidik pertama dan utama sekaligus basis pendidikan moral dan agama pelestari nilai-nilai luhur,” ungkapnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI