Bupati Kulonprogo Apresiasi Pameran Wayang Di YIA

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Pameran wayang maupun melukis wayang di Yogyakarta International Airport (YIA) dinilai Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo bagus. Karena selain bisa meramaikan Kawasan Tugu Malioboro YIA juga merupakan bagian upaya melestarikan seni budaya.

“Pemkab mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi budaya merupakan jati diri bangsa, kegiatan ini wujud nyata kita untuk memelihara dan membina eksistensi budaya bangsa kita,” kata Sutedjo usai menghadiri gelar melukis tokoh wayang bersama dalam memperingati Hari Wayang Sedunia di KTM YIA, Temon, Senin (8/11).

Dalam even tersebut sejumlah seniman Kulonprogo dan Yogyakarta menunjukkan keahlian mereka di bidang seni dan budaya. Nampak juga hadir menyaksikan Kapolres Kulonprogo AKBP Mukaromah Fajarini.

Lebih lanjut Bupati Sutedjo mengungkapkan, dalam upaya mendukung eksistensi wayang di Kulonprogo, pemkab setempat hingga saat ini terus mendukung kesenian wayang di kabupaten ini. Salah satunya setiap tahun mengadakan lomba dalang cilik sebagai upaya mempertahankan dan mengembangkan seni wayang.

Pihaknya berharap ke depan setelah level PPKM turun, pertunjukan wayang bisa digelar secara umum atau terbuka. Dengan demikian para pelaku seni wayang bisa eksis dan ekonomi masyarakat menggeliat.

“Sesungguhnya wayang bisa menggeliatkan roda ekonomi,” jelasnya.
Penyelenggara kegiatan, Direktur Dini Art Production, Taufik Ridwan menjelaskan, kegiatan berkarya seni bersama di lorong KTM YIA merupakan rangkaian kegiatan pameran wayang dalam rangka memperingati hari wayang sedunia yang digelar sejak 16 Oktober – 15 Oktober 2021.

“Selain memperingati hari wayang sedunia, ini juga merupakan upaya kita di era pandemi membantu seniman yang tidak bisa leluasa berkarya, dengan konsep menghadirkan karya seni di keramaian dengan harapan masyarakat nanti bisa mengapresiasi dan mengkoleksi karya seni para seniman Kulonprogo dan Yogyakarta,” katanya. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI